+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Gebrakan Baru DPP Asgar Nusantara Ngahiji

WhatsApp-Image-2021-08-23-at-15.03.41-1

ASGARNEWS – Paguyuban Asgar Nusantara Ngahiji berencana akan berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dan juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam menjalankan gebrakan baru yang dicetus saat ini. Program tersebut diharapkan dapat membantu dan sejalan dengan sebagian program pemerintah yang yang tengah di gembor gemborkan saat ini.

Hal itu diungkapkan Ketum Asgar Nusantara Ngahiji H. Hendi Ahmad Hidayat. SH saat ditemui di kantor Sekre DPP di Jalan Raya Bandung Garut, Leuweung Tiis, Kecamatan Leles, Garut, pada Selasa (25/10/2022).

H. Hendi Ahmad Hidayat. SH

Adapun yang menjadi gebrakan baru itu adalah seperti Program Caang, Program UMKM Asgar, Program Asgar Budaya Lokal, Sosialisasi Asgar Jabar dan juga Sosial Kemanusian

Menurut H. Hendi Ahmad, Program Caang yang dimaksud adalah Penerangan bagi jalan di perkampungan yang ada di Kabupaten Garut khusunya dan umumnya seluruh jawa barat.

“Seperti jalan lingkungan yang memang rawan kejahatan dan juga kecelakaan misal, jalan Limbangan – Cibiuk, Leles Tutugan, Jalan Desa Lingkung Pasir, Sukaweuning dan masih banyak lagi,” kata H. Hendi.


Dan program UMKM, kata dia, dengan merangkul dan mengangkat para pelaku usaha kecil yang ada di Kabupaten Garut khususnya kuliner khas Garut misal, Burayot, Bajigur, Kueh balok, Cilok, dan lainnya

“Nah, itukan harus dibantu baik sisi marketing dan juga permodalannya, agar makan makanan khas Garut itu dapat dikenal oleh masyarakat, bahkan tidak menutup kemungkinan hingga nasional bahkan internasional,” imbuhnya.

Adapun dengan program Asgar budaya lokal, sambungnya, yaitu mencoba kembali menggali semua kearifan budaya lokal kabupaten Garut seperti dari seni dan budaya, pencak silat, reog, lengser, calung, degung dan lain sebagainya yang memang harus dilestarikan agar tidak punah.

“Saat ini kan kita lihat hampir punah, maka dari itu Asgar Nusantara berinisiatif untuk selalu mempertahankan dan mencoba menghidupkan kembali dengan cara terus memperkenalkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu juga kedepan, dikatakannya, Asgar Nusantara berencana akan mensosialisasikan program programnya sampai ke pemerintah tingkat provinsi membentuk sebuah audensi bersama Gubernur jabar, Kapolda, Dandim, dan juga pihak pihak terkait didalamnya.

“Iya, benar, nanti kita akan coba lakukan silaturahmi untuk mensosialisasikan semuanya, sukur sukur kami bisa audiensi, bersama pemerintah provinsi” ungkapnya.

H. Hendi menambahkan, untuk sosial kemanusian itu berkaitan dengan kepedulian Asgar Nusantara kepada masyarakat Garut khususnya, seperti memberikan bantuan kemanusiaan atau baksos diantaranya santunan anak yatim, sunatan massal, rutilahu, pembangunan mesjid ditingkat Desa dan Kecamatan bahkan pembangunan jalan di gang gang yang ada di tiap desa yang memang layak dibangun.

“Mudah mudahan ya, semua program ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar, karena selain seni budaya Asgar Nusantara juga mencoba membantu program program pemerintah daerah dan juga provinsi yang tentunya mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

(Al)

90 Views