+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Gedung Aquatik Talaga Bodas di Kabupaten Garut Satu-satunya Kolam Renang Berstandar Internasional

IMG-20221109-WA0202

ASGARNEWS, –Kabupaten Garut kini memiliki sarana olahraga kolam renang bertaraf internasional. Dari Gedung Aquatik bernama Talaga Bodas ini diharapkan lahir atlet renang berskala internasional.

Sertifikat Field of Play Gedung Aquatic Talaga Bodas dari Federation Internationale De Natation (FINA) ini, secara resmi diterima Bupati Garut, Rudy Gunawan, melalui perwakilannya, Alberto didampingi Wakil Ketua Umum (Waketum) Pengurus Besar (PB) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Sarman Simanjorang.

Rudy Gunawan, Bupati Garut

Prosesi penyerahan sertifikat ini berlangsung di Gedung Aquatik Talaga Bodas Garut, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (9/11/2022), disaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, dan para kepala SKPD menerima langsung

Bupati Garut menyatakan, dengan hadirnya kolam renang bertaraf internasional ini sebagai bukti keseriusan Kabupaten Garut untuk bisa membina dan melahirkan atlet-atlet renang berskala internasional.


“Saya berharap dari Garut lahir atlet-atlet nasional dan internasional, pemerintah daerah akan merekrut pelatih yang ternama dan berkualitas, untuk menghasilkan atlet-atlet renang ternama dari Garut untuk Indonesia,” ujar Bupati Garut kepada awak media.

Bahkan untuk mendukung hal tersebut, imbuh Rudy, pihaknya juga akan mencoba membangun kolam renang-kolam renang yang representatif di Garut bagian selatan dan utara.


“Kita juga akan bangun sebenarnya beberapa kolam-kolam yang yang ada di beberapa (kecamatan), tapi tidak seperti ini, karena kami mempunyai daerah 42 kecamatan, kami di selatan akan dibangun juga 1 ya, di utara juga 1, ini kan (masuknya) Garut tengah,” imbuhnya.

Sementara itu, Waketum PB PRSI, Sarman Simanjorang, berterimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, khususnya Bupati Garut yang telah berhasil membangun gedung aquatik berstandar internasional.


“Karena apa? Karena kolam renang yang barusan saja disertifikasi dan mendapat sertifikat kolam renang berstandar internasional ini, merupakan ini satu-satunya kolam renang yang berstandar internasional yang ada di kabupaten, dari 416 kabupaten di Indonesia inilah pertama kali ada kolam renang yang berstandar internasional,” tutur Sarman.

Ia juga mengapresiasi niat baik dan juga semangat Bupati Garut yang ingin memajukan olahraga renang atau aquatik di Kabupaten Garut, dan ia berharap ini bisa menjadi motivasi bagi kabupaten lain untuk membangun kolam berstandar internasional.

“Karena dengan adanya kolam renang berstandar internasional ini, atlet-atlet yang ada di Garut maupun di Jawa Barat tidak perlu lagi ya berlatih-berlatih ke luar negeri, karena ini sudah berstandar internasional dan sudah mendapat sertifikasi dari FINA dalam hal ini, sehingga nantinya berbagai kejuaraan-kejuaraan yang ada di sini, kalau nantinya ternyata atletnya mampu mengukir prestasi atau katakanlah membuat satu rekor internasional, itu otomatis langsung diakui, itulah kelebihannya dalam hal ini,” ucapnya.

Bahkan, Samran mengungkapkan pihaknya akan memikirkan untuk mengadakan suatu event nasional yang nantinya bisa diselenggarakan di Kabupaten Garut, sehingga diharapkan mampu melahirkan atlet renang yang nantinya bukan hanya membawa nama baik daerah, tetapi juga membawa nama baik Indonesia di tingkat Internasional. Apalagi, lanjut Samran, Gedung Aquatik Talaga Bodas ini merupakan kolam renang ke-4 yang memiliki sertifikat internasional.

“Kolam renang yang saat ini yang bersertifikat internasional itu belum banyak, kalau tidak salah ini yang ke-4 Indonesia, yang pertama itu adalah di GBK Senayan, kemudian di Ragunan, kemudian adalah di kolam renang PON Papua, dan ke-4 baru yang ada di sini di Garut gitu. Jadi ini merupakan hadiah yang menurut hemat kami yang sangat-sangat indah bagi masyarakat Garut khususnya, masyarakat Jawa Barat pada umumnya,” tandasnya. (Red)