+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Hidupkan Kembali Seni Budaya, Asgar Nusantara Ngahiji Gelar Pencak Silat dan Debus di Cigagade

IMG_20230827_113428

ASGARNEWS, – Paguyuban Keluarga Besar Asgar Nusantara Ngahiji kembali menampilkan seni budaya pencak silat dan debus yang merupakan salah satu kesenian tradisional di Kabupaten Garut. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 di Kp. Babakan Rancasaat, RW 09, Desa Cigagade, Kecamatan BL. Limbangan pada Sabtu (26/8/2023).

H. HENDI AHMAD HIDAYAT. Ketua Umum Asgar Nusantara Ngahiji

Hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran Asgar Nusantara Ngahiji, Garda Utama, Tim Debus PKBAN, Aparat Desa Setempat, Sekdes, Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan juga warga sekitar serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Asgar Nusantara Ngahiji H. Hendi Ahmad Hidayat menyampaikan, “Terimakasih kepada pak Sekdes, Babinsa yang sudah berkenan hadir dalam mensukseskan acara ini, terimakasih juga untuk semua warga Desa Cigagade yang hadir untuk menyaksikan Gelaran Seni Budaya Asgar Nusantara,” kata Hendi, Sabtu (26/8/2023).


Hendi juga mengatakan, sebetulnya Asgar Nusantara ini sudah lama dan berdiri dari tahun 2017 di Kabupaten Garut untuk orang Garut, “Jadi orang Garut senusantara diwadahi dengan nama Asgar Nusantara Ngahiji yang juga mewadahi seni dan budaya sunda. Sebtulnya seni budaya itu tidaklah punah tapi masih ada, namun mungkin para pelaku seninya yang kurang diperhatikan oleh pemerintah,” ujarnya.


Dulu saat masih kecik, sambung Hendi, di Cigagade itu banyak sekali para kasepuhan pencak silat, seni budaya, ” Begitu Luar biasa, karena dulu saya kan dari kadungora yang kebetulan dekat ke Cigagade jadi saya tahu bahwa di Cigagade itu banyak sekali para kasepuhan seni budaya,” ungkap Hendi.


Hendi berharap, mudah-mudah hadirnya Asgar Nusantara Ngahiji di Kp. Babakan Rancasaat, Desa Cigagade dapat tumbuh hidupkan kembali dan alhamdulillah di Cigagade ada yang peduli untuk mendukung dan menghidupkan kembali seni budaya dengan bibit baru sebagai generasi penerus.


“Tak hanya di Cigagade, Mudah-mudah seni budaya pencaksilat dan seni seni yang lain yang ada di Garut ataupun di Jawa Barat bisa tumbuh dan hidup kembali di seluruh Nusantara. Asgas Nusantara….,” tandasnya yang disambut riak para warga dan para tamu dan juga jajaran “Ngahiji…”. (Dd)

Editor: Al

IKUTI CHANEL YOUTUBE KAMI JUGA YA!

262 Views