+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Jelang Berakhirnya Masa Jabatan Kepala Desa Cikasungka, Curhat Warga: Kami Ingin Kades Baru, Tidak sekedar Obral Janji Manis

IMG-20230227-WA0161

ASGARNEWS.COM – Masa jabatan Kepala Desa Cikasungka Periode 2017 – 2023, akan berakhir di pertengahan tahun 2023, warga merindukan figur Pemimpin Desa baru yang dapat dipercaya dan peka terhadap keluhan masyarakat, seperti dikatakan oleh salah satu warga SS (51) sabtu, 25/02/2023.

“Kami menginginkan Kades baru yang bukan sekedar janji manis disaat kampanye, dan mendekat ke kami disaat ada maunya saja, kami perlu pembuktian kerja nyata dan tidak membodoh – bodohi warganya”, Ujar SS.

Ditempat lain, warga sekaligus anggota Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) BPPKB Desa Cikasungka berinisial PT (50) memberikan kesaksian, cikasungka sangat luas wilayahnya meliputi Desa dan beberapa perumahan.

“Saat jelang kampanye pemilihan kepala desa sebelumnya, mengatakan akan mendukung penuh upaya pemekaran wilayah cikasungka, serta pembangunan merata dan pemberdayaan sumber daya manusia, tapi kenyataannya tidak terealisasi dengan alasan yang tidak masuk di akal, belum lagi permasalahan dipertanahan dan Prona. Harapan saya adalah agar nantinya calon kades yang baru adalah warga yang Non pribumi”, Tandasnya.

Pemerintahan desa Cikasungka berada dalam wilayah kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang berdasarkan data Geografis mempunyai tata letak dan luas, dengan warga yang cukup banyak dibanding desa didekatnya, jumlah rata – rata yang mendominasi penduduknya yakni Perumahan. Salah satu kandidat calon kepala desa yang enggan disebut namanya kepada wartawan mengatakan, sumber pendapatan dan anggaran desa cikasungka terbilang cukup besar apabila digunakan sesuai dan tepat sasaran, agar bisa tercapai sila ke 5 yakni “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, meskipun dalam ruang lingkup desa, seharusnya bisa dirasakan pula manfaatnya,

“Apabila sumber pendapatan dan anggaran dana desa yang diberikan pemerintah pusat bisa dimanagemen dengan baik, maka akan terciptalah keadilan sosial yang merata, tidak ada alasan dalam mensejaterakan, pemberdayaan serta pembangunan tidak tebang pilih, semua bisa di kondisikan, dan banyak cara untuk menanggulangi angka kemiskinan di desa dengan, seperti memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUM des) membangkitkan UMKM, mamanfaatkan lahan tidur sebagai media berkebun, berternak. Nantinya secara otomatis perputaran ekonomi pun semakin berkembang”, Kata kandidat Calon Kades yang enggang disebut namanya.

Seperti diketahui berdasarkan infomasi yang diterima awak media, calon kepala desa Cikasungka terdiri dari 5 kandidat dan hasil surveinya, warga menginginkan calon kades yang Non pribumi (Putra daerah).


(Jk/yd)

42 Views