+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Ops Ketupat Lodaya 2023, Kapolda Jabar di Didamping Kapolres Subang dan Bupati Cek kesiapan Pos PAM di Rest Area Tol Cipali

IMG-20230411-WA0395

ASGARNEWS, – Dalam rangka menghadapi arus mudik Lebaran 2023 Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M. M. melakukan peninjauan kesiapan Pos Pengamanan Lalu lintas Arus Mudik di Rest Area 86A dan 102A Tol Cipali Subang. Selasa (11/4/2023).

Dalam peninjauannya tersebut, Kapolda Jawa Barat didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni dan Bupati Subang H Ruhimat Rombongan langsung melihat proses renovasi Pos Pengamanan Arus Mudik di Rest Area KM 86A dan Rest Area 102A Tol Cipali.

“Siang ini kami meninjau kesiapan Pos PAM mudik 2023 di kawasan rest Area 86A dan 102A Tol Cipali yang akan digunakan untuk pengamanan arus mudik mendatang,” ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus Menurutnya, arus mudik diperkirakan akan mulai terjadi peningkatan pada 18 April mendatang berbarengan dengan hari terakhir kerja untuk ASN.

“H-4 diprediksi arus mudik mulai mengalami peningkatan di tol Cipali Khususnya dan akan berlanjut hingga H-2, di mana tanggal 19 juga pegawai swasta hari terakhir masuk kerja sehingga diperkirakan tanggal 20 April atau H-2 akan terjadi lonjakan arus mudik,” katanya

Maka dari itu kami jajaran kepolisian Polda Jabar siang ini mengecek kesiapan semua fasilitas Pos PAM dan posyan untuk petugas berjaga maupun pemudik yang beristirahat.

“Persiapannya Alhamdulillah sudah matang, tinggal Finishing, mudah-mudahan besok atau lusa sudah rapih semua dan siap digunakan untuk mengamankan jalannya arus mudik lebaran 2023,” ungkapnya

“Adapun untuk Rest Area 86A nantinya akan digunakan oleh petugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pengguna jalan selama arus mudik dan balik. Sedangkan Rest Area 102A digunakan untuk Pos Pemantauan jalannya arus mudik serta tempat istirahat para pemudik,” imbuhnya.

Usai melihat proses renovasi di Pos Rest Area 86 A, peninjauan dilanjutkan ke Pos Pemantauan Arus Lalu Lintas di Rest Area KM 102A Tol Cipali yang di dalamnya terdapat layar untuk memantau arus lalu lintas kendaraan pemudik.

Sementara itu Kapolres Subang AKBP Sumarni mengungkapkan bahwa jajaran Polres Subang sudah siap untuk mengamankan jalannya arus mudik.

“Semua persiapan untuk mengamankan jalannya arus mudik sudah kita siapkan baik di tol Cipali maupun Jalur Pantura termasuk kami juga menempatkan anggota kami dengan mobil QR nya bersiaga di dobrakan sepanjang Cipali mulai dari KM 82.800 sd KM 123 dalam rangka mengantisipasi pemudik menerobos ke jalur sebelahnya saat diberlakukan oneway nanti. Ada beberapa ruas tol yang sedang dikebut penyelesaiannya seperti di KM 86, dan 102 dan hasil koordinasi dengan pengelola tol pekerjaan akan selesai pada tanggal 15 April 2023,” ungkapnya.

Dan kami menghimbau kepada para pemudik agar selalu mengutamakan keselamatan, jangan mengemudi bila ngantuk, jangan beristirahat di bahu jalan karena sangat berbahaya lebih baik ke rest area tersekat atau keluar pintu tol terdekat dan patuhi aturan tertib berlalulintas saat melakukan perjalanan mudik lebaran agar selamat sampai dikampung halaman.

“Belajar dari mudik tahun lalu, banyak ditemukan pemudik yang beristirahat dan memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, hal ini sangat membahayakan bagi para pemudik dan bisa memicu kecelakaan,” ujarnya.

Kapolres Subang menambahkan, untuk memantau kelancaran arus mudik di wilayah Kabupaten Subang, Polres Subang dan Pemerintah daerah telah memasang 43 kamera CCTV.

“Untuk kelancaran pemantauan arus mudik, kita sudah pasang 43 kamera pengawas di berbagai titik di Kabupaten Subang yang merupakan kerja sama antara Polres Subang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sebagai upaya memberikan keamanan dan keselamatan selama perayaan Idul Fitri 1444 H,” Ujar Kapolres Subang. (Red)

41 Views