+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Pemkab Garut Berikan Penghargaan Kepada UMKM Berprestasi

IMG-20230109-WA0034

ASGARNEWS, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melaksanakan apel gabungan terbatas, di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (9/1/2023) dipimpin Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, dihadiri Plh. Sekda Kabupaten Garut, Toni Tisna Somantri, dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta para pejabat administrasi lingkup Pemkab Garut.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Garut, menyerahkan secara simbolis penghargaan bagi para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Berprestasi di tingkat provinsi maupun kabupaten yang bertajuk Apresiasi Program UMKM Juara Tahun 2022.

Wakil Bupati Garut dalam arahannya menyatakan, UMKM di Kabupaten Garut dinilai sangat penting dalam memberikan kontribusi bagi kelancaran ekonomi masyarakat Garut.

“Di samping banyak memperkerjakan orang, masyarakat bisa bekerja di sini bisa mendapatkan gaji, juga bisa mendatangkan uang dari luar dan memutarkan uang yang ada di Garut,” ucap Wabup Garut.

Ia berharap, nantinya akan semakin banyak UMKM di Kabupaten Garut yang mendapatkan apresiasi. Selain itu, ia juga berharap nantinya akan muncul pengusaha ataupun UMKM baru di Kabupaten Garut. Menurutnya, akan sangat luar biasa jika satu persen dari total penduduk Kabupaten Garut menjadi pengusaha.

“Satu persen itu berarti 27 ribu ya, ini kita ingin ada banyak pengusaha Kabupaten Garut yang muncul dan ini pun kita arahkan untuk menyongsong Kabupaten Garut yang sebagai kota wisata, dan bisa menyiapkan segala kebutuhan yang ada di Kabupaten Garut baik melalui pertanian ataupun sektor yang lain,” lanjutnya.

Helmi menilai, bahwa para pelaku UMKM di Kabupaten Garut sangat optimis dalam menjalankan usahanya, bahkan terdapat salah satu pelaku usaha yang mendapatkan keuntungan 700 juta dalam satu bulan.

“Bahkan ada yang proyeksi 1,7 (miliar) karena ada investasi 7 miliar, (penyerapan tenaga kerja lebih besar), dan memang ini yang kita inginkan investor itu investasi lokal orang Garut sendiri uangnya tidak di bawa keluar ini yang lebih dahsyat,” ungkapnya.

Meskipun begitu, imbuh Helmi, pihaknya juga masih memerlukan investasi lain yang dapat menguatkan perekonomian di masyarakat. Namun, lanjutnya, investor lokal akan memberikan ketahanan yang bagus bagi perekonomian, sehingga dana yang ada dapat terus berputar di Kabupaten Garut.

“Kalau mau beli mobil di Garut pajak nya, beli tanah juga di Garut, beli makanan segala macam juga di Garut jadi berputar (uang nya di Garut),” katanya.

Terakhir, ia menyarankan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Garut untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi, khususnya dalam sisi pemasaran secara online sehingga pemasaran dapat dilakukan lebih mudah dan jangkauannya lebih luas.

“Di samping juga Garut juga kan pemerintah sendiri juga akan menerima juga kan, jadi kita berharap semua masuk ke pemasaran online dan itu kan gampang mudah,” tandasnya.

Berikut daftar penerima penghargaan UMKM Juara Tahun 2022 :

Penghargaan 6 Terbaik Peserta UMKM Juara Kabupaten Garut 2022
1. Anisa Yogurt
2. CV Brilliant Bertaqwa Berdaya
3. Silegar
4. New Taruna Candle
5. Burayot Simadu
6. Rental Aja
Penghargaan 27 UMKM Juara Terbaik Se-Jawa Barat
1. Burayot Simadu
Penghargaan Pendamping UMKM Juara Terbaik 2022
1. Fitri Lestari (25 UMKM yang didampingi)
Penghargaan Koordinator Daerah UMKM Juara 2022
1. Hendro Sugiarto (6 Pendamping/150 UMKM)
Penghargaan Kehormatan Pada Program UMKM Juara Tahun 2022
1. H. Haris Kalicman (Bapak Angkat UMKM)
2. Info Garut (Media Partner)

(Red)