+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Sukses Digelar, Cabor Selam Kolam di Akuatik Talaga Bodas

IMG-20221112-WA0135

ASGARNEWS, – Cabang Olahraga (Cabor) Selam Kolam pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) XIV Tahun 2022 sukses digelar di Gedung Akuatik Talaga Bodas, yang berlokasi di area Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Selam kolam yang dipertandingkan selama kurang lebih 3 hari ini, merupakan event perdana yang digelar di Gedung Akuatik Talaga Bodas. Bahkan, menurut Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Garut juga selaku ketua panitia pelaksana (panpel), Drajad Handoyo, semua berjalan tertib, aman, lancar dan tidak menemui kendala yang berarti.


“Alhamdulillah dengan semua keterbatasan yang dihadapi oleh kami panitia pelaksana, bisa dilihat semua bisa menyaksikan tidak ada kendala yang berarti, walaupun sempat ada insiden diawal tapi tidak ada ekses yang berdampak sangat besar ya, semuanya bisa kita atasi, pertandingan (atau) perlombaan semua berjalan tertib, aman, lancar, tidak ada kendala,” ujar Drajad saat diwawancara oleh Tim Diskominfo Garut, Sabtu (12/11/2022).

Ia menuturkan dalam pertandingan cabor selam kolam ini panitia pelaksana terdiri dari wasit dan juri yang merupakan wasit berlisensi W1 dan ditunjuk oleh bidang perwasitan dari provinsi.

“Ada 10 di antaranya adalah putra Garut yang telah memiliki sertifikat W1, dibantu oleh panitia pelaksana dari lokal Garut,” tuturnya.


Drajad mengungkapkan saat menjadi tuan rumah pertama kali, suatu kewajaran ketika menemui kekurangan. Sehingga ia berharap ke depan, ketika Kabupaten Garut ditunjuk kembali menjadi tuan rumah, bisa menjadi tuan rumah yang lebih baik lagi.

Kabupaten Garut sendiri dalam cabor selam kolam ini berhasil mendapatkan 1 emas di nomor estafet 4×200 meter bifins (U17 Putri). Meski begitu, Drajad yakin Kabupaten Garut ke depan bisa berbicara lebih banyak, karena pihaknya kini sudah mempunyai fasilitas yang sangat bagus bahkan sudah bersertifikasi internasional.

“Itu (Akuatik Talaga Bodas) sangat membanggakan dan kita punya atlet-atlet, bibit-bibit yang unggul, saya yakin kita punya sumber daya pelatih yang bagus. Insya Allah ke depan kita bisa berbicara lebih banyak, baik di tingkat provinsi,” katanya.

Dalam cabor selam yang dilaksanakan di Gedung Akuatik Talaga Bodas ini, Kabupaten Bekasi tampil perkasa, dengan berhasil mengumpulkan 9 medali emas, 5 medali perak, dan 3 perunggu.

Ketua POSSI Kabupaten Bekasi, Akum Akbar, memaparkan dirinya mengaku senang dengan apa yang didapatkan oleh para atlet cabor selam Kabupaten Bekasi, dan ini menurutnya diluar prediksi pihaknya.

Berkaitan dengan venue cabor selam kolam yang diselenggarakan di Gedung Akuatik Talaga Bodas, ia berharap pengelola bisa merawat dengan baik kolam ini.

“Saya mohon kepada pengelola kolam renang Garut ini, lebih tingkatkan lagi karena jangan cuma membuatnya, biasanya itu untuk kolam perawatannya yang agak sulit, maka saya mohon ini kolam sangat-sangat luar biasa, di Indonesia yang terbagus ini kolam Garut sini. Jadi saya mohon perawatannya lebih ditingkatkan lagi untuk merawat kolam ini,” tandasnya. (Red)