+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Pengurus PD Muhammadiyah Dan Aisyiyah Garut Periode 2022-2027 Resmi Dikukuhkan

IMG_20230714_141859

ASGARNEWS, – Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Garut Periode 2022-2027 resmi dikukuhkan oleh Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Provinsi Jawa Barat, Prof. DR. H. Machmud Syafe’i, MA, M.Pd.I., di Gedung Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (13/07/2023).

Kegiatan pengukuhan ini, dihadiri langsung oleh Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan.


Selaku Bupati Garut, ia mengungkapkan bahwa dirinya memberikan penghormatan kepada seluruh warga Muhammadiyah Kabupaten Garut, yang telah bahu-membahu beserta pemerintah daerah dan unsur TNI-Polri, dalam rangka membentuk satu keadaan kehidupan masyarakat Garut yang berakhlakul karimah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, bupati mengucapkan selamat kepada Ketua PD Muhammadiyah Garut, Agus Rahmat Nugraha, dan Ketua PD Aisyiyah Garut, Eti Nurul Hayati, yang hari ini dikukuhkan bersama dengan pengurus yang lainnya.


Ia meyakini bahwa bupati setelah dirinya akan sayang terhadap Muhammadiyah, karena menurutnya, Muhammadiyah telah berkontribusi positif bagi kemajuan masyarakat Kabupaten Garut.

“Tentu nanti ke depan mulai 1 Januari 2024, saya sudah tidak menjadi Bupati lagi, karena saya sudah 10 tahun 2 periode dan kami yakin siapapun bupatinya akan sayang terhadap Muhammadiyah, karena Muhammadiyah mempunyai kontribusi positif bagi kemajuan masyarakat Kabupaten Garut,” ungkapnya.

Selain itu, imbuh Rudy, pihaknya juga berterima kasih secara khusus kepada PD Aisyiyah Kabupaten Garut yang telah berkontribusi secara luar biasa, seperti ikut serta mengintervensi masalah stunting di Kabupaten Garut, mendatangkan Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia ke Kabupaten Garut, hingga terakhir mampu menyelenggarakan sebuah lokakarya yang berhubungan terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya terkait masalah kemiskinan.

“Tidak ada entitas lain yang memerhatikan tentang SDGs dengan 17 tujuan, dan Aisyiyah Kabupaten Garut menyelenggarakan, saya tidak tahu uangnya dari mana, karena Aisyah mengundang kami (termasuk) semua Camat dan entitas itu di hotel berbintang Hotel Harmoni (bahkan) tanpa anggaran dari Pemerintah Kabupaten Garut, yang jelas ada saja dari agniya-agniya,” katanya yang disambut riuh tepuk tangan.


Sementara itu, Sekum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, mengucapkan selamat kepada PD Muhammadiyah Garut dan PD Aisyiyah Garut yang hari ini dikukuhkan, seraya berharap para pengurus ini bisa melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, ia juga berharap bahwa PDM dan PDA Garut ini bisa menjadi PDM dan PDA yang menjadi referensi nasional, karena menurutnya Garut merupakan salah satu daerah yang sudah ada Muhammmadiyah sejak tahun 1922 atau sudah ada 100 tahun lebih.

“Sehingga Muhammadiyah Garut ini harus menjadi referensi, kemudian bisa menjadi model bagi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang lain di Indonesia, baik dari sisi gerakan-gerakan dakwahnya, maupun dari pengembangan amal usahanya,” tuturnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat khususnya warga Muhammadiyah untuk berpartisipasi secara aktif dan konstruktif dalam berbagai perhelatan politik nasional, dan ikut serta menyukseskan Pemilu 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan menghasilkan pemimpin bangsa yang memang sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

Di tempat yang sama, Ketua PDM Garut, Agus Rahmat Nugraha, mengatakan jika di periode kepengurusan yang baru ini, pihaknya akan melaksanakan beberapa program yang tertunda atau program yang di periode sebelumnya belum sempat dituntaskan, seperti pembangunan Rumah Sakit Muhammadiyah hingga Universitas Muhammadiyah Garut.

Termasuk, kata Agus, pihaknya juga menginginkan ada lembaga ekonomi yang bisa meng-cover seluruh kebutuhan warga Muhammadiyah khususnya dan juga masyarakat Kabupaten Garut lainnya.

Meski begitu, ia mengungkapkan jika program PDM Garut akan mengikuti langkah dan arah yang sudah ada di program Muktamar.

“Jadi terutama adalah bagaimana kita mengimplementasikan risalah Islam berkemajuan terkait dengan hidup damai, hidup sejahtera, dan hidup berkeadaban itu barangkali salah satu gambarannya,” ungkapnya.

Setelah pengukuhan ini, imbuh Agus, pihaknya akan langsung melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya adalah menghadiri seluruh musyawarah cabang (muscab), karena dari 38 cabang Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Garut, baru 2 Pengurus Cabang (PC) yang sudah menyelenggarakan muscab.

“Yang kedua kita belum berbagi tugas di pembinaan, jadi insya Allah di pekan-pekan ini kita akan berkumpul untuk membagi bidang, supaya nanti langsung kita menerjemahkannya dengan pembentukan majelis dan lembaga,” lanjutnya.

Setelah pengukuhan ini, ia berkeinginan PD Muhammadiyah Garut bisa semakin solid untuk bersama-sama menyatakan satu visi yaitu visi organisasi. Pihaknya akan menggerakkan cabang dan ranting yang punya masa dan barisan di lapangan, termasuk juga amal usaha yang kami akan gerakan sesuai dengan level dan jenjangnya.

“Kalau itu semua bergerak Insyaallah harapan-harapan kearah kemajuan itu akan terbuka dengan lebar,” harapnya.

Sementara, Ketua PD Aisyah Kabupaten Garut, Eti Nurul Hayati, mengungkapkan bahwa pengukuhan ini sesuai dengan aturan yang terdapat dalam AD/ART di mana pada kepengurusan baik Muhammadiyah maupun Aisyiyah itu tidak terdapat kata pelantikan.

“Mungkin dari pengukuhan diri karena sistemnya (atau) kepemimpinannya kolektif kolegial dan yang periode lama bisa kembali lagi bersama-sama dengan periode yang baru,” ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa saat ini sudah terdapat program kerja yang telah disusun pada musyawarah daerah (musda), di mana pihaknya hanya tinggal melaksanakan program tersebut.

“Kemudian ada program baru yang harus kita selesai kan sesuai dengan isu-isu strategis yang muncul,” tandasnya.

Ia berharap, ke depannya program kerja yang sudah disusun dapat segera dilaksanakan. Red)

 

IKUTI CHANEL YOUTUBE KAMI JUGA YA!

46 Views