+62-812-1126-1842
asgarnusantara39@gmail.com

Selama Ramadhan, Disparbud Garut: Tempat Wisata Tetap Buka

images (70)

ASGARNUSANTARA.COM, GARUT,- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan tempat wisata di Garut tetap buka selama bulan Ramadhan yang biasanya dikunjungi masyarakat pada sore hari sambil menunggu waktu adzan Maghrib untuk berbuka puasa.

“Tidak ada yang ditutup di Cipanas (kawasan wisata air panas) kecuali tempat-tempat yang mengganggu kekhusyukan dalam menjalankan ibadah puasa,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Luna Aviantrini saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Kamis (14/3).

Ia menuturkan objek wisata yang seringkali menjadi tempat ngabuburit atau waktu menjelang adzan Magrib itu di antaranya wisata danau Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk, dan Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet.

Momentum Ramadhan, kata dia, kegiatan wisata tetap berjalan dibuka untuk umum seperti biasanya, tidak ada larangan bagi masyarakat untuk berwisata.

“Kami tidak pernah mengeluarkan larangan terhadap tempat wisata, kecuali yang bertentangan dengan suasana Ramadhan,” kata Luna.

Terkait kegiatan usaha seperti rumah makan di tempat wisata, kata dia, akan menjalankan usahanya sesuai dengan maklumat yang disepakati forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) yang diizinkan membuka usahanya mulai pukul 15.00 WIB.

“Sesuai maklumat forkopimda aktivitas rumah makan dimulai dari jam 15.00,” katanya.

Selain tempat wisata, kata dia, ada juga tempat lainnya di bulan Ramadhan yang menarik untuk dikunjungi masyarakat menjelang buka puasa yang digelar komunitas atau pihak swasta seperti diselenggarakan di mal maupun tempat umum lainnya.

“Kegiatan budaya Salam Ramadhan yang ke-23 dilaksanakan selama satu minggu di halaman Bale Paminton yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Garut dan komunitas seni dan budaya,” katanya.

Sejumlah objek wisata di Garut yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi saat bulan Ramadhan di antaranya wisata danau dan budaya Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang, kemudian Situ Bagendit, dan wisata pemandian air panas di Cipanas Garut.

Pengelola hotel dan restoran di Cipanas Garut seperti Kampung Sumber Alam di momentum Ramadhan tahun ini menyajikan tempat untuk keluarga atau kerabat dan sebagainya yang ingin ngabuburit sekaligus buka puasa bersama di tempat kolam renang dan fasilitas lainnya secara privat.

Selain objek wisata di wilayah itu, wisata lainnya di wilayah selatan Garut seperti kawasan pantai juga menjadi tujuan masyarakat untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa seperti Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang. (*)

CHANEL YOUTUBE ASGARNUSANTARA

20 Views